Apple iPhone 4 CDMA

Senin, 24 Januari 2011

Kabar akan datangnya iPhone 4 versi CDMA sudah santer beredar cukup lama. Dan, akhirnya terjawab sudah, dengan diumumkannya secara resmi keberadaan iPhone 4 CDMA. Perusahaan operator terbesar di Amerika, Verizon, ditunjuk sebagai operator pertama yang menjual iPhone 4 CDMA garapan Apple ini untuk para pelanggannya.
Secara umum, spesifikasi yang dibawa iPhone 4 versi CDMA ini tercatat sama persis dengan versi GSM-nya. Sebut lah Retina Display, prosesor Apple A4 1GHz, RAM 512 MB, kamera 5 MP, memori internal 16 GB/32 GB dan beberapa fitur konektivitas. Untuk kamera, sudah dilengkapi fitur LED flash. Juga, kemampuan rekam video 720p.

Satu perubahan yang cukup menarik yakni sektor antena, dimana telah mengalami perombakan/redesain guna mendukung jaringan CDMA. Ya paling tidak biar tak menuai keluhan layaknya di iPhone 4 GSM. Hasilnya, bila disandingkan dengan versi GSM maka bagian antena inilah salah dua pembedanya. Selain itu, di iPhone 4 CDMA balutan bodi terlihat lebih solid.

Pada iPhone 4 tidak dimungkinkan untuk menjalankan akses data dan voice secara simultan, yang merupakan keterbatasan network CDMA. Hanya saja, pihak tim CDMA-Verizon berjanji akan memperbaikinya dalam beberapa pekan ke depan. Bahkan Verizon mengklaim bahwa jaringan 3G-nya oke, hingga para pelanggannya akan memiliki banyak keuntungan di sini.

iPhone 4 CDMA ini baru bisa dipesan melalui operator Verizon pada 3 Februari mendatang. Cuma, untuk ketersediaan barangnya mulai 10 Februari. Guna menebus iPhone 4 CDMA, dibutuhkan dana (kontrak) sekitar $199 (16GB) dan $299 (32GB). Biaya kontrak tersebut meliputi penggunaan dari Personal Hotspot, yang merupakan fitur terbaru dari iOS. Fasilitas anyar ini merupakan alternatif lain untuk ‘tethering’ perangkat lain menggunakan koneksi 3G dari iPhone 4. Jadi, fungsinya layaknya Wi-Fi Acces Point.

Dan, untuk menjalankan semua fasilitas tadi, Verizon ternyata mengadopsi Apple iOS versi ‘unik’, yang belum pernah terlihat sebelumnya. Versinya yakni iOS 4.2.5. Mudah-mudahan saja fitur personal hotspot tadi memang terintegrasi didalam versi iOS tersebut, hingga kedepannya bisa dinikmati oleh pengguna perangkat ber-iOS.


Spesifikasi:
Jaringan: CDMA 800 / 1900 & CDMA2000 1xEV-DO
Dimensi : 11,52 x 5,86 x 0,93 cm; berat : 137 gram
Sistem operasi: OS iOS 4.2.5
Prosesor : 1 GHz Apple A4
Layar : TFT sentuh kapasitif, LED-backlit IPS, 16 juta warna, 640 x 960 piksel, 3,5 inc
Kamera : 5 MP (2592 x 1944 piksel), autofocus, LED flash, touch focus, geo-tagging; video 720p@30fps, LED video light
Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, Push Emai
Memori : internal 16/32 GB, 512 MB RAM
Fitur lain : Permukaan anti gores, multi-touch input, sensor accelerometer (auto-rotate), sensor Three-axis gyro, sensor Proximity (auto turn-off), Browser HTML (Safari), GPS (A-GPS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, polifonik (MP3), jack audio 3.5 mm, Verizon 3G Mobile Hotspot, Scratch-resistant glass back panel, Active noise cancellation with dedicated mic, Digital compass, Google Maps, Audio/video player and editor, Voice command/dial, TV-out; Bluetooth v2.1 (A2DP), port microUSB v2.0.
Baterai: Li-Po 1420 mAh
Reaksi: 

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut